Monday, March 8, 2010

Evaluasi POD ; resume 6

Pengertian dan jenis evaluasi

Istilah evaluasi digunakan untuk menunjukkan proses menentukan kekuatan atau nilai pekerjaan mereka. Evaluasi adalah suatu cara mengukur hasil dari kegiatan pendidikan.

Jenis evaluasi berdasarkan tingkat formalitas ada 3 yaitu :

1. Evaluasi informal àpenilaian tanpa menggunakana banyak prinsip evaluasi

2. Evaluasi semiformal

3. Evaluasi formal àmenggunakan prosedur riset yang canggih

Manfaat evaluasi

Secara umum, manfaat evaluasi adalah untuk :

1. Menentukan patokan awal

2. Mengetahui keberhasilan suatu kegiatan

3. Mencek secara periodic efektivitas suatu program

4. Memberikan rasa aman kepada pelaksana tugas

5. Memberi bukti konkret kepada pihak yang terkait

6. Meningkatkan sikap professional kepada penerima evaluasi

Tujuan evaluasi

1. Untuk menentukan seberapa dekat peserta didik secara individual dan keseluruhan kelas telah mencapai tujuan umum yang telah ditentukan

2. Untuk mengukur tingkat perkembangan yang telah dicapai oleh peserta didik dalam waktu tertentu

3. Untuk menentukan efektifitas bahan, metode, dan kegiatan pengajaran

4. Untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi peserta didik, instruktur, dan masyarakat.

Prinsip Evaluasi

1. Mempunyai tujuan yang pasti

Evaluasi dilakukan hanya untuk tujuan pasti dan bukan hanya “merupakan sesuatu yang harus dikerjakan”

2. Menggunakan tujuan perilaku yang terjangkau dan pasti

Pendidik harus menentukan tujuan performansi agar ia dapat mengetahui kemana ia dan kelasnya akan menuju

3. Bukti tentang perubahan dalam diri individu

Bukti diperlukan untuk mengukur seberapa jauh orang bergerak dari tempat ketika program dimulai sampai berakhir

4. Menggunakan instumen yang tepat

Instrument akan memberikan data yang jauh lebih baik daripada sekedar perkiraan

5. Kerja sama antara peneliti dengan orang yang dinilai kemajuannya

Kerja sama penting untuk memperoleh informasi yang lengkap dan akurat

6. Tidak perlu mengevaluasi semua hasil pembelajaran

Evaluasi lebih baik dilakukan pada salah satu atau dua hasil utama yang paling ditekankan, sesuai dengan tujuannya.

7. Evaluasi harus berkesinambungan

Pendidik harus secara kontinu mempelajari isi kursus, metode, hasil yang peserta didik peroleh

Prosedur evaluasi

Menurut Morgan, ada beberapa prosedur evaluasi yaitu :

1. Mengecek tujuan

Jika tujuan tidak dinyatakan sedemikian rupa sehingga tingkat pencapaian dapat ditentukan, maka objektif harus dirumuskan kembali

2. Memeriksa apa yang dilakukan untuk mencapai tujuan

Langkah ini penting untuk mengevaluasi metode mengajar atau isi mata pelajaran

3. Mengumpulkan bukti

Suatu keputusan harus diambil berdasarkan bukti yang lengkap dan valid. Bukti penting untuk evaluasi program, metode, dan hasil pendidikan.

4. Menentukan sumber bukti

Langkah ini berhubungan dengan darimana informasi diperoleh

5. Menentukan alat untuk memperoleh bukti

Alat yang biasa digunakan adalah kuesioner, lembar cek, instrument pengukur, catatan dan laporan, dll

6. Menganalisis bukti

Evaluasi formal biasanya memerlukan analisis statistic terhadap data yang telah dikumpulkan.

7. Menggunakan hasil

Hasil harus digunakan untuk meningkatkan program pendidikan orang dewasa dengan cara yang memungkinkan.

Daftar pustaka

Suprijanto,H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa; dari Teori hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara

0 comments:

Post a Comment