Monday, March 1, 2010

Perencanaan dan Metode dalam POD ; resume 4

Perencanaan POD

Perencanaan pendidikan diperlukan dalam proses pendidikan agar proses pembelajaran orang dewasa dapat berjalan sesuai dengan prinsip pendidikan orang dewasa.

Komponen Perencanaan Pendidikan

Menurut Rahman, komponen perencanaan orang dewasa meliputi :

  1. Peserta didik : kondisi seperti perbedaan umur, kelamin, ekonomi, dsb.
  2. Tujuan belajar : peningkatan kemampuan dan keterampilan dalam waktu singkat
  3. Sumber belajar (pembimbing)
  4. Kurikulum : sederhana dan sesuai kebijakan warga setempat
  5. Organisasi pelaksana : siapa pelaksananya, sumber dananya, dsb.
  6. Kondisi masyarakat setempat
  7. Kemanfaatan langsung
  8. Struktur organisasi

Perencanaan Parsitipatif

Metode partisipatif dimana semua pihak terkait dalam pendidikan dilibatkan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasinya.

Ada beberapa prinsip dalam perencanaan partisipatif :

  1. Antara lembaga pendidikan dan masyarakat perlu ada hubungan harmonis
  2. Pihak yang diikutsertakan dalam perencanaan harus memenuhi beberapa syarat
  3. Digunakan teknik kerja kelompok seperti pertemuan, proses kelompok, dan teknik delphi
  4. Ramalan dan pembuatan program
  5. Pengambilan keputusan oleh manager tertinggi atau pejabat lain yang ditunjuk

Rancangan Pengajaran

Prosedur rancangan pengajaran :

  1. Identifikasi tujuan umum pengajaran
  2. Melakukan analisis pengajaran
  3. Identifikasi tingkah laku masukan dan ciri peserta didik
  4. Merumuskan tujuan performansi
  5. Mengembangkan butir tes acuan patokan
  6. Mengembangkan strategi pengajaran
  7. Mengembangkan dan memilih materi pengajaran
  8. Merancang dan melakukan evaluasi formatif
  9. Merevisi bahan pengajaran
  10. Merancang dan melakukan evaluasi sumatif

Metode POD

Ada beberapa metode dalam pendidikan orang dewasa yaitu :

  1. Diskusi

Metode ini akan efektif jika peserta yang terlibat sedikit. Diskusi biasanya terjadi secara spontan ketika beberapa orang yang saling kenal bertemu. Makin banyak individu yang bergabung, makin berkurang spontanitas diskusi tersebut. Diskusi kelompok memiliki beberapa tekinik seperti role playing, debat, dll.

  1. Kunjungan lapangan dan karyawisata

Karyawisata adalah media penting dalam POD. Kunjungan biasanya berkenaan dengan membawa kelompok ke tempat khusus untuk tujuan khusus. Kunjungan biasanya berjangka pendek.

  1. Demonstrasi

Metode ini sering digunakan dalam bidang pertanian dan industri. Demonstrasi dapat berhasil jika digunakan pada pengajaran manipulatif dan keterampilan, pada pengembangan pengertian, dan untuk menunjukkan bagaimana melakukan praktik baru.

  1. Pelatihan

Pelatihan biasanya digunakan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan mengubah sikap peserta dengan cara yang spesifik.


Referensi

Suprijanto,H. (2007). Pendidikan orang dewasa; dari teori hingga aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara

1 comments:

Anonymous said...

Baccarat – How to Play the Poker in Canada - FEBCasino
Learn the rules of baccarat online in 1xbet korean Canada including how to play, The หารายได้เสริม rules of febcasino baccarat differ from most other card game rules

Post a Comment