Friday, February 26, 2010

Tahapan Pembaruan Pendidikan Nisbet ; Tugas Individu 2

Menurut Nisbet, ada empat tahapan ujian dalam pembaruan pendidikan yaitu :

  1. The Incres in Workload ( pertambahan beban kerja )

Dalam melakukan suatu pembaruan pendidikan, hendaknya dipikirkan dan dipersiapkan terlebih dahulu sehingga tidak muncul masalah di kemudian hari.

Contoh : ketika akan memasuki perkuliahan, saya bertanya kepada saudara-saudara saya bagaimana sebenarnya sistem perkuliahan yang ada di USU sehingga saya bisa mempersiapkan diri terlebih dahulu.

  1. Loss of Confidence ( kehilangan kepercayaan)

Dalam menghadapi pembaruan, kemampuan atau keahlian harus ditingkatkan sehingga kita tidak canggung lagi ketika mendapat suatu sistem baru.

Contoh : ketika tamat SMA dan memasuki perkuliahan dimana ketika SMA kita kebanyakan hanya menerima apa yang disampaikan guru (pasif) sedangkan ketika memasuki perkuliahan kita sudah mulai harus aktif (misalnya mencari bahan untuk membuat makalah di internet, dll)

  1. The Period of Confusion ( masa kacau )

Sebelum suatu pembaruan belum jelas tujuannya, biasanya kita akan kebingungan dan mengalami kesulitan. Biasanya kesulitan tersebut masih dalam batas yang dapat diatasi.

Contoh : ketika disuruh membuat blog, saya merasa sangat bingung tetapi saya masih bisa bertanya kepada teman.

  1. The blacklash

Jika muncul suatu masalah, kita dapat menganalisis dan menyelesaikannya dengan upaya pembaruan yang telah dilakukan.

Contoh : sewaktu saya mengalami masalah dalam memahami suatu materi yang terdapat dalam buku, saya berusaha mencari materi yang berhubungan di internet.

0 comments:

Post a Comment