Robert Gagne adalah tokoh dengan pendekatan ekletik dimana beliau menggunakan pendekatan behavioris dan kognitif dalam teorinya. Beliau memberikan kontribusi tentang dalam teori belajar dan juga pembelajaran dimana ada tentang tipe belajar, hasil belajar, dan juga fase belajar.
Kali ini, saya akan mencoba mengaitkan teori Gagne yaitu mengenai fase belajar pada salah satu mata kuliah yang pernah saya ikuti yaitu mata kuliah Wawancara. Alasan saya mengaitkannya dengan mata kuliah ini adalah karena menurut saya mata kuliah ini sesuai dengan prinsip Gagne.
Delapan fase belajar Gagne dan Penerapannya dalam Mata Kuliah Wawancara
- Motivation
Seorang individu harus terlebih dahulu memiliki motivasi untuk belajar.Motivasi dapat dibangkitkan secara internal ataupun eksternal/melalui pengajar.
Saya mengambil mata kuliah Wawancara adalah karena mata kuliah ini merupakan mata kuliah wajib. Sebelumnya saya tidak tahu akan mempelajari apa dalam mata kuliah ini. Di pertemuan pertama, dosen menjelaskan kontrak kuliah yang didalamnya menjelaskan aturan kuliah dan termasuk didalamnya tujuan dari mata kuliah ini. Setelah mendengar penjelasan tersebut, saya menjadi termotivasi untuk mengetahui lebih banyak mengenai wawancara karena wawancara merupakan salah satu keterampilan yang penting dalm dunia kerja.
- Apprehending
Materi-materi dalam perkuliahan pertama sekali disajikan dalam ceramah dan kemudian presentasi per kelompok. Dimana setiap kelompok mendapat topik berbeda untuk presentasi. Dalam presentasi, saya mendengarkan dan mendapat informasi-informasi baru.
- Acquistion
Informasi yang didapatkan kemudian diproses dan dikodekan.
- Retention
Informasi yang dikodekan kemudian disimpan
- Recall
Memanggil kembali informasi yang ada
Beberapa minggu menjelang ujian akhir, kami diberi tugas untuk melakukan wawancara dengan teman dimana ada yang bertugas sebagai observer, interviewer, dan juga interviewee. Dimana dalam tugas tersebut, kami perlu mengingat kembali dasar dalam wawancara dan teknik-teknik dalam melakukannya.
- Generalization
Dalam fase ini, terjadi transfer of learning. Kami mencoba memikirkan cara bagaimana mengaplikasikan apa yang telah kami pelajari.
- Performance
Fase ini adalah fase menampilkan proses-proses sebelumnya.
Setelah menjalani keenam proses sebelumnya, kami melakukan praktikum wawancara secara berkelompok. Dalam praktikum, wawancara yang dilakukan direkam dan setelah itu kami membuat makalah mengenai analisis wawancara yang telah dilakukan.
- Feedback
Feedback adalah suatu evaluasi terhadap performance.
Sebenarnya dalam mata kuliah ini, feedbacknya tidak terlihat. Setelah membuat makalah, kami mengumpulkannya ketika ujian akhir.
Daftar Pustaka
Bigge, Morris L. 1982. Learning Theories for Teachers 4th Ed.
0 comments:
Post a Comment