Saturday, October 2, 2010

Penerapan Teori Ausubel

Salah satu tokoh yang mengemukakan teori belajar adalah David Paul Ausubel. Beliau adalah tokoh aliran kognitif yang mencetuskan ide tentang belajar bermakna / meaningful learning. Berbeda dengan Bruner yang menggunakan konsep discovery learning, Ausubel menyatakan bahwa belajar dilakukan dengan reception learning yang artinya seorang individu belajar hanya dengan menerima informasi yang didapatnya tanpa mencari atau menemukan sendiri informasi tersebut.

Selama belajar di Psikologi, saya merasa konsep reception learning sering digunakan. Di beberapa mata kuliah, sistem pengajaran masih dalam bentuk ceramah dan sistem presentasi per kelompok. Biasanya dalam ceramah ataupun presentasi, saya mendengarkan informasi- informasi/materi yang disampaikan dalam presentasi tersebut. Kemudian setelah mendengarkan, saya akan menginternalisasi/memproses informasi yang saya dapatkan kemudian menyimpannya.

Menurut Ausubel sendiri, belajar bermakna dapat terjadi ketika kita berhasil menghubungkan informasi yang telah kita miliki dan yang baru kita dapatkan. Terkadang saya memang berhasil menghubungkan kedua hal tersebut. Tetapi terkadang saya kesulitan untuk memproses informasi yang saya dapatkan dan mencocokannya dengan konsep yang telah saya miliki. Kesulitan yang saya rasakan mungkin terjadi karena saya kurang memahami informasi/materi yang dijelaskan sebelumnya.

Kadang ketika saya merasa terlalu putus asa dalam belajar menghadapi ujian, saya akan menghapal materi yang diujikan. Memang cara seperti itu tidak efektif dimana hapalan tersebut akan cepat hilang dan saya juga tidak memahami apapun mengenai materi tersebut.

Beruntunglah beberapa dosen menerapkan prinsip advance organizers dalam pembelajaran. Advance organizers adalah semacam pengenalan awal mengenai suatu materi dan kaitannya dengan materi yang lain. Dengan adanya advance organizers, saya menjadi mendapat suatu gambaran ketika akan memasuki salah satu materi yang akan dibahas tersebut. Misalnya saja dalam kelas mata kuliah Psikologi Belajar ketika mempelajari materi teori belajar Thorndike dan Skinner. Karena teori kedua tokoh hampir sama dimana teori Skinner dikembangkan dari teori Thorndike, Bu Ika selaku salah satu pengampu mata kuliah akan memberikan mahasiswa suatu gambaran mengenai materi tersebut. Advance Organizers sendiri tidak hanya berupa pengenalan di awal tetapi juga bisa berupa rangkuman di akhir seperti misalnya dosen mengatakan ”Nah!Sekarang kalian sudah mempelajari teori Thorndike dan Skinner. Menurut kalian, apa persamaan dari kedua teori tersebut?”. Dari sanalah, bisa terbentuk suatu benang merah yang menghubungkan informasi yang didapat dan informasi yang telah dimiliki.


Daftar Pustaka

Driscoll, Marcy P. 1994. Psychology of Learning for Instruction. Boston : Allyn and Bacon

0 comments:

Post a Comment